Maksimalkan Pelayanan, PDAM lakukan Peresmian Berkapasitas 10 liter Per Detik

0
6
Maksimalkan Pelayanan, PDAM lakukan Peresmian Berkapasitas 10 liter Per Detik

BERITAPENAJAM.NET-Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Abdul Gafur Masud (AGM)  lakukan peresmian PDAM Berkapasitas 10 liter per detik, hal ini  ditandai dengan pemotongan pita, penandatanganan prasasti dan pemutaran kran air. Kini warga Kelurahan Maridan Kecamatan Sepaku bisa bernafas lega. Pasalnya, kini air bersih sudah bisa diakses oleh warga sekitar, Water Treatment Plan (WTP) Unit Maridan, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Kelurahan Maridan berkapasitas 10 liter per detik, dan Sambungan Rumah (SR) yang terpasang sekitar 186 unit, Senin (7/10/2019)

Dalam peresmian tersebut, Bupati AGM  berama Wakilnya Hamdam datang bersama  Sekretaris Daerah Tohar. Dalam kesempat tersebut AGM menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah (Pemda) akan menjadikan penyediaan air bersih sebagai salah satu program prioritas pembangunan yang  laksanakan. Karena menurutnya program air bersih tersebut merupakan harapan masyarakat PPU terkhusus daerah yang belum dapat  air bersih.

“Untuk mengoptimalkan program air bersih  tersebut, kami (Pemda) telah membangun instalasi pengolahan air bersih di empat kecamatan, serta terus memperbaiki dan menambah jalur pipa untuk distribusi air bersih ke masyarakat secara berkala,” ujar AGM.

Dalam beberapa waktu lalu PPU kedatangan menteri dan melakukan Focus Group Discussion (FGD) mengenai pembahasan Ibu Kota Negara (IKN) dirinya menjelaskan IKN  baru itu wajib airnya disalurkan ke masyarakat langsung bisa diminum, Pemerintah Kabupaten PPU siap untuk menerapkan apa yang disebutkan oleh menteri tersebut.

“Ini menjadi suatu kebutuhan dasar yang wajib kita lakukan di PPU yaitu air minum yang  disalurkan masyarakat langsung bisa diminum seperti halnya yang kita lakukan beberapa titik di Kabupaten PPU,”lanjut AGM.

Direktur PDAM Danum Taka, Abdul Rasyid mengatakan kapasitas WTP Unit Maridan sebesar 10 liter per detik saat ini terpasang itu kurang lebih 186 SR,  kemudian persiapan untuk menyambung lagi itu sekitar 700 SR cakupannya 25 RT di Kelurahan Maridan.

“Harapan kita kedepan  sesuai dengan arahan Pak Bupati kita ingin setiap Kecamatan itu ada cabang PDAM dengan kapasitas 200 liter per detij untuk bisa mengcover seluruh penduduk PPU,”kata Rasyid.

Lanjut dikatakan Rasyid saat ini untuk mencapai itu masih jauh tetapi dalam jangka waktu 5  tahun kedepan pihaknya  bisa merealisasikan dengan dukungan dari Bupati, Wakil Bupati dan DPRD PPU. Saat ini di PPU ada 5  unit WTP termasuk paling besar WTP di Lawe-Lawe dengan total 135 liter per detik 5 tahun ke depan  masyarakat PPU bisa menikmati air yang ketika dibuka di kran langsung diminum.

“Saya optimis,  apa yang diinginkan Bupati   bisa kita wujudkan dalam jangka waktu lima tahun ke depan seiring dengan pindahnya IKN ke PPU. Dua bulan ke depan kita menyusun master plant yang nantinya kita koordinasi dengan Kementerian PUPR dan beberapa Investor salah satunya adalah mungkin kita akan gandeng perbankan dalam hal ini Bank Mandiri,”tutupnya.

Presiden dan Kementrian mengatakan lokasi yang menjadi titik IKN wajib menerapkan Smart Green Beautiful, yang sebagaimana mestinya kita lihat di negara negara maju.(sr5)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here